NOTA: Ini adalah posting terakhir projek mengelilingi Pulau Jawa dari Jakarta sampailah ke Surabaya dalam masa 10 hari.

———————————————————————–

Dari Malang kami bergerak ke Surabaya.

Jarak Malang dan Surabaya dalam 100km dan mengambil masa 1.5 jam perjalanan.

Surabaya ialah ibu negeri Jawa Timur dan kota terbesar di Jawa Timur. Ianya adalah kota kedua terbesar di seluruh Indonesia selepas Jakarta. Penduduknya dalam 3 juta jiwa.

Antara lokasi wajib singgah di Surabaya ialah Monumen Kapal Selam. Ianya adalah kapal selam KRI Pasopati 410, salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Soviet Union pada tahun 1952.

Lebih banyak gambar di link di bawah.

https://www.facebook.com/bumisepi/posts/pfbid02oHE7tRBHWSLn4tMJqAZ7H5RhQ2LDDtRXut5hy4Jz1UmtG5z7wwdeuroHza19FWjjl

Asal usul perkataan SURABAYA ialah dari dua ekor haiwan darat dan air yang saling bertempur. Sura sejenis ikan dan buaya , maka jadilah SURABAYA. Patung buaya dan ikan yang saling bercakaran ini menjadi simbol kota ini dan dapat dilihat di mana-mana seperti di taman awam Taman Suroboyo. Begitulah apa yang distorykan kepada kami. Nak tahu lanjut kena mai sendiri ke kota ini, Hanya 2 jam setengah dari KUL naik Air Asia.

Seperti Bandung, kota ini banyak pusat pengajian dan universitas seperti Universitas Airlangga dan Universitas Negeri. Ramai sasterawan dan artis jalanan — sangat romantik lebih lagi bila hujan rintik-rintik.

Kota ini dikenali sebagai kota pahlawan sempena kejayaan pemuda-pemudi Indonesia menentang pihak penjajah dalam tahun 1945. Peristiwa ini dapat dihayati ketika melawat monumen kapal selam yang mengabadikan kapal selam KRI Pasopati 410, salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Soviet Union tahun 1952. Kapal selam ini terlibat dalam perang dengan Belanda membebaskan Irian Barat.

Surabaya juga menjadi pintu masuk ke Bromo, Malang dan Madura. Madura ialah sebuah pulau di utara pulau jawa dan disambungkan ke kota Surabaya dengan jambatan Suramadu. Panjangnya melebihi 5 km merentasi Selat Madura — salah satu antara jambatan terpanjang di Indonesia. Suramadu ialah cantuman SURABAYA dan MADURA. Memang bahasa Indonesia dihasilkan dari cantuman begitu.

Kami sempat menaiki jambatan ini. Lihat gambar. Maaf gambar tak cantik sangat — diambil dari bas bergerak.

Hari terakhir di Pulau Jawa kami singgah shopping di ITC Surabaya dan makan malam soto ayam Lamongan. Makan tengahari di rumah makan SEDERHANA berdekatan hotel kami. Semuanya menu nasi padang sampailah dalam flight Air Asia Surabaya – KUL. Kami disajikan dengan Nasi padang Uda Ratman.

TAMAT.